5 Tips Memilih Antena TV Digital Yang Baik Dan Berkualitas

0 Comments

main image

Di Indonesia hingga saat ini masih banyak sekali masyarakat yang menggunakan TV Digital. Mungkin peran TV digital di perkotaan sudah tergantikan oleh adanya TV kabel. Namun untuk daerah luar perkotaan atau pedesaan, mayoritas warganya masih setia menggunakan TV digital. 

Tentunya karena di pedesaan, sinyal TV yang didapat juga masih tidak sebaik di kota. Terlebih lagi saat cuaca sedang tidak baik alias musim penghujan tiba. Disinilah diperlukan kecermatan dalam memilih antena TV digital yang baik supaya kamu bisa menikmati acara TV favorit tanpa harus terganggu oleh sinyal yang buruk. 

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan membeli antena TV digital. Baik dari jenis maupun fungsinya. Hal tersebut juga bisa menghindarkan kamu dari mendapatkan antena TV abal abal yang performanya sangat mengecewakan. 

Berikut dibawah ini 5 tips memilih antena TV digital yang baik dan berkualitas untuk mendapatkan performa yang tidak mengecewakan, diantaranya yaitu :

  • Mengenali Jenis TV Yang Digunakan Terlebih Dahulu

Ada beberapa jenis TV digital, dan hal itu akan menentukan tipe antena apa yang ideal untuk digunakan. Apakah yang digunakan itu jenis TV tabung atau TV LCD/LED? Jenis TV tabung jauh lebih baik dalam menangkap sinyal, sedangkan jenis TV LCD/LED umumnya lebih susah menangkap sinyal. Menggunakan antena yang kecil dirasa sudah cukup untuk jenis TV tabung, sedangkan untuk jenis TV LCD/LED gunakan antena yang besar. 

  • Memilih Antena TV Digital Outdoor Yang Dilengkapi Rotator

Pilihlah jenis antena TV outdoor yang dilengkapi rotator. Pasalnya jenis yang seperti itu mudah digerakkan dan diputar ke segala arah. Hal tersebut akan lebih memudahkan kamu dalam mencari dan menentukan sinyal yang baik dan paling kuat untuk TV kamu. 

  • Memilih Antena TV Digital Dengan Bentuknya Yang Panjang Dan Padat 

Pilihlah antena TV digital dengan bentuknya yang panjang dan padat. Jadi deretan antar antennnya itu tidak terlalu jauh supaya lebih maksimal penguatan daya tangkap sinyalnya. Penggunaan antena dengan bentuk panjang dan padat juga bisa menghindarkan dari adanya gangguan hambatan misalnya gedung bertingkat dan lainnya. 

  • Memilih Jenis Kabel Coaxial

Komponen penting dan sangat menentukan kualitas dari sebuah antenna TV digital adalah kabel coaxial. Kabel tersebut berfungsi sebagai penghantar jaringan transmisi antara antena dan perangkat elektronik atau televisi. Pilih kabel coaxial dengan kawat konduktor yang lebih besar serta jumlah serabut yang tebal. Sangat direkomendasikan memilih antena dengan kabel coaxial tipe 75 ohm. 

  • Booster Atau Penguat Sinyal TV

Penggunaan booster atau penguat sinyal TV ini hanya sebagai rekomendasi additional atau tambahan saja. Fungsi booster ini sebagai penguat sinyal dengan cara kerjanya yang membersihkan dan mengurangi penghalang dari transmisi sinyal antenna sehingga pancara yang sampai ke TV menjadi lebih kuat dan jelas. 

Selain itu juga booster ini bisa menjadi sarana paralel dengan menjaga kualitas gambar pada TV supaya tetap jelas saat kamu menggunakan antena TV untuk beberapa perangkat TV di rumah. Sebagai contoh, kamu menggunakan 1 antena untuk 2 perangkat TV, dengan menggunakan booster maka akan tetap terjaganya kualitas gambar pada TV kamu. 

Sebenarnya memilih antena TV digital yang baik dan berkualitas itu mudah asalkan kamu memperhatikan aspek aspek yang telah disebutkan diatas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *