Cara Gampang Membuat Frame Foto dari Bahan yang Sederhana

0 Comments

main image
source gambar : blibli.com

Jika Anda suka memajang foto kesayangan Anda di sudut ruangan, pasti Anda sering menggunakan frame foto. Namun, ketika Anda ingin menghemat pengeluaran, Anda tidak perlu membeli frame foto yang baru. Ikuti saja langkah mudah di bawah ini untuk membuat frame foto dari bahan yang sederhana

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Mari siapkan alat dan bahan yang akan Anda gunakan untuk membuat frame foto terlebih dahulu

  • Kardus
  • Lem
  • Gunting
  • Pensil
  • Penggaris
  • Cutter
  • Hiasan lainnya (Sesuai selera)

Cara Membuat Frame Foto yang Sederhana

  1. Buat Pola

Pertama-pertama, buatlah polanya terlebih dahulu di atas permukaan kardus. Buatlah bentuk bingkai yang ada sukai, biasanya untuk membuat bingkai menggunakan bentuk persegi panjang.

Anda pastikan terlebih dahulu bahwa frame foto yang Anda buat harus lah berukuran lebih besar dari ukuran foto Anda. Misal, jika Anda mempunyai foto berukuran 14 x 8 cm, Anda perlu membuat frame foto dengan ukuran 16 x 10 cm.

  1. Potong Kardus

Tahap kedua adalah potong pola yang sudah Anda buat di kardus. Anda potong pola tersebut menjadi dua; satu untuk bagian depan, lalu satunya lagi untuk bagian belakang.

Untuk bagian depan, Anda bisa membuat lubang di bagian tengahnya yang mengikuti bentuk pola awal. Alangkah baiknya jika Anda membuat garis untuk memotong lubang di tengah pola, agar potongan tersebut menjadi simetris mengikuti bentuk foto yang akan Anda pajang

  1. Menghias frame foto

Ketiga, langkah yang mungkin paling Anda senangi adalah menghias frame foto. Anda bebas menggunakan hiasan yang sesuai selera, seperti kertas kado, sedotan, kertas origami, tali rami, flannel, dan lain lain.

  1. Tempelkan sisi belakang frame foto

Selanjutnya, Anda siapkan pola bingkai bagian belakang yang sudah Anda gunting. Mengikuti pola bagian depan yang, tempelkan pola depan dengan pola belakang. Pastikan Anda menyisakan bagian yang belum di lem agar bisa memasukan foto  pada frame foto Anda.

  1. Membuat Penyangga atau gantungan frame foto

Terakhir, Anda perlu membuat penyangga atau gantungan pada bagian belakang frame foto. Untuk membuat penyangga, buatlah bentuk segitiga atau dasi. Lalu tempelkan bentuk tersebut di bagian belakang frame foto. Sehingga frame foto sederhana yang sudah Anda buat memiliki penyangganya sendiri.

Kemudian untuk membuat gantungan atau pengait frame foto, Anda bisa gunakan tali rami. Potong tali rami dengan panjang yang Anda inginkan. Lalu tempelkan kedua ujung tali di bagian belakang atas frame, sehingga frame foto tersebut bisa Anda gantung di dinding.

Demikian tata cara dalam membuat frame foto yang sederhana namun kreatif. Anda bisa membuatnya juga dengan keluarga Anda di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *