Manfaat Bayam bagi Kesehatan

0 Comments

5 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan, Efektif Mencegah Katarak!

Selain nikmat sebagai santapan, bayam juga memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Bayam memiliki kandungan gizi yang beragam, rendah kalori, dan kaya serat. Bayam adalah sayuran yang berasal dari Asia dan memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin (vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E) dan mineral (magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium) yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung banyak serat, klorofil, dan antioksidan serta mengandung sedikit kalori dan lemak. Berikut ini adalah ulasan manfaat bayam bagi kesehatan.

  • Baik untuk kesehatan tulang

Kandungan vitamin K dan magnesium yang dimiliki bayam membuat sayuran ini menjadi sayuran yang direkomendasikan National Osteoporosis Foundation untuk dikonsumsi. Berkenaan dengan hal ini, University of Maryland Medical Center juga memberikan bahwa vitamin K bisa mengurangi tingkat patah tulang yang membuatnya bagus kesehatan tulang. Vitamin K juga meningkatkan kepadatan tulang, bersama dengan vitamin D. Kadar kalium yang tinggi dalam bayam juga membantu melindungi kita dari kehilangan kepadatan mineral tulang.

  • Mencegah anemia defisiensi zat besi

Terdapat zat besi dalam bayam yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Zat besi membantu darah dalam menghasilkan hemogblobin yang merupakan protein dalam darah yang memberi warna merah pada sel darah dan bertugas mengangkut oksigen ke organ. Oleh karena ituu, memakan makanan yang kaya zat besi penting bagi mereka yang berisiko atau menderita anemia.

  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Bayam memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum supaya rambut tetap lembab serta dibutuhkan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Tidak hanya itu, bayam juga memiliki kandungan Vitamin C yang dapat membantu menjaga kulit tampak awet muda dan membantu menyembuhkan luka. Asupan vitamin C yang cukup dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara kolagen yang berguna memberikan struktur pada kulit dan rambut.

  • Membantu mencegah kanker

Bayam dapat membantu mencegah kanker karena mengandung methylenedioxyflavonol glukuronida sebagai agen pelawan kanker. Tidak hanya itu, bayam juga memiliki kadar klorofil bayam yang tinggi yang mungkin memiliki efek anti kanker dan anti karsinogen. Nutrition Journal menerbitkan sebuah penelitian diet anti kanker yang mengemukakan bahwa korofil membantu mengikat hidrokarbon, aflatoksin, dan molekul hidrofobik lain yang mungkin terkait dengan kanker. Tidak hanya itu, hasil sebuah penelitian di Jepang tahun 2001 juga menjelaskan bahwa daun bayam mengandung dua promotor antitumor yang kuat.

  • Dapat mengurangi gejala asma

Bayam bisa mengurangi gejala asma karena magnesium yang terkandung di dalamnya. Magnesium juga bagus bagi penderita asma dan bisa menjadi pengobatan darurat yang efektif untuk serangan asma. Tak hanya itu, bayam juga memiliki beta-karoten yang tinggi yang bisa membantu penderita asma dalam mengurangi gejalanya.

  • Kandungannya baik untuk kehamilan

Kandungan asam folat yang merupakan zat yang dibutuhkan untuk membantu mencegah cacat tabung saraf, khususnya spina bifida dan anencephaly yang terjadi pada awal kehamilan juga terkandung dalam bayam. Bayam baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dengan mengkonsumsi satu mangkuk kecil bayam bisa membantu meningkatkan asupan asam folat hingga 66% dari kebutuhan folat harian sebelum kehamilan.

  • Membantu menjaga kesehatan mata

Bayam adalah sayuran yang menjadi sumber karotenoid lutein dan zeaxanthin yang baik, yang ada kaitannya dalam membantu mencegah degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Itulah manfaat-manfaat yang dikandung bayam. Setelah mengetahuinya, semoga membuat kita menjadi lebih rajin mengkonsumsi sayuran ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *