Review PPDB Online Jakarta

0 Comments

PPDB Jalur Prestasi DKI Jakarta Mulai 1 Juli, Cek Syaratnya Agar Lolos

Perlu diketahui bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 akan dilaksanakan pada 15 Juni hingga 9 Juli 2020. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, dalam acara teleconference dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Jakarta Ahmad Riza Patria pada senin (11/5/2020) yang lalu. 

Dalam hal ini, Nahdiana juga menyebutkan bahwa pendaftaran PPDB tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, karena akan dilakukan secara online. Cara online ini dilakukan guna menghindari kerumunan para calon didik, orang tua murid maupun wali murid di tengah merebaknya pandemi virus corona Covid-19.Lalu bagaimana mekanisme PPDB online Jakarta?

“Mekanisme kebijakan PPDB di rumah ini, calon peserta didik bisa melihat mulai dari teknis pendaftaran dan saya tampung secara online. Lalu mendaftarkan diri secara online, dilakukan verifikasi oleh operator atau panitia PPDB, melihat seleksi, serta melaporkan diri secara online,” ujar Nahdiana.

Sedangkan bagi para peserta didik yang kesulitan untuk mengakses internet, maka Disdik DKI Jakarta akan berencana untuk menyiapkan posko-posko di setiap Suku Dinas Pendidikan di masing-masing wilayah atau kota. Tentunya penyediaan posko-posko ini tetap memberlakukan protokol kesehatan Covid-19.

Untuk jalur penerimaan peserta didik baru kali ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua atau anak guru. Apabila virus corona bisa mereda dalam waktu dekat, maka tahun ajaran baru tahun 2020/2021 akan dimulai pada 13 Julu 2020.

“Hari pertama sekolah dengan mempertimbangkan kebijakan, baik pusat maupun daerah yang kami siapkan di tanggal 13 Juli 2020”, kata Nahdiana.

Berikut timeline PPDB 2020/2021 :

  1. Sosialisasi Internal : 14 Mei – 18 Mei 2020
  2. Sosialisasi Eksternal : 18 Mei – 20 Mei 2020
  3. Pra-Pendaftaran : 11 Juni – 14 Juni 2020
  4. Pendaftaran Online : 15 Juni – 9 Juli 2020
  5. Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah : 11 Juli
  6. Hari Pertama Sekolah : 13 Juli 2020

Tahap Pra Pendaftaran

  • Pertama menyiapkan berkas persayaratan dalam bentuk pindai/scan atau foto dokumen
  • Lalu akses situs ppdb.jakarta.go.id
  • Mengajukan akun dengan cara klik tombol Pengajuan Akun
  • Mengisi formulir
  • Mengunggah berkas persyaratan
  • Mencetak tanda bukti pengajuan akun yang berisi PIN/Token
  • Setelah mendapatkan Token, dilanjutkan dengan proses aktiviasi PIN dan proses pendaftaran

Syarat Prapendaftaran CPDB Sesuai Jenjang Pendidikan

  1. Jenjsang Sekolah Dasar (SD)
  2. Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir
  3. Kartu Keluarga
  4. Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak tentang keabsahan dokumen dari orangtua/wali calon PPDB bermaterai Rp 6 ribu
  5. Jenjang SMP dan SMA
  6. Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir
  7. Kartu Keluarga
  8. Rapor kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester 1 SD/SDLB/MI; atau rapor kelas 7, kelas 8 dan kelas 9 semester 1 SMP/SMPLB/MTS, Paket B atau SKYBS untuk PPDB SMA
  9. Sertifikat Akreditasi Sekolah Asal
  10. Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak tentang keabsahan dokumen dari orangtua/wali calon PPDB bermaterai Rp 6 ribu
  11. Jenjang SMK
  12. Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir
  13. Kartu Keluarga
  14. Rapor kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 semester 1 SMP/SMPLB/MTS, Paket B atau SKYBS
  15. Sertifikat Akreditasi Sekolah Asal
  16. Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak tentang keabsahan dokumen dari orangtua/wali calon PPDB bermaterai Rp 6 ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *