Seperti Inilah Manfaat Pijat Bayi Yang Harus Bunda Ketahui

0 Comments

Menurut informasi yang didapat, memijat bayi secara rutin merupakan salah satu cara untuk memberikan sesuatu yang lebih baik bagi tubuh kecilnya. Bukan hanya itu, pemijatan tersebut juga dapat memberikan lebih banyak waktu untuk si kecil sehingga bisa membangun ikatan yang lebih dalam lagi antara anak dan ibu. Bahkan yang lebih menariknya lagi, dengan pijatan ini juga dapat menstimulasi sensorik yang sangat membantu dalam perkembangan bayi menjadi lebih sehat lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat pijat bayi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawh ini :

1. Dapat Membuat Bayi Merasa Lebih Tenang dan Nyaman

Manfaat yang pertama dari memberi pijatan pada bayi, yakni bisa mmbuatnya merasa lebih nyaman dan tenang. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, pijatan tersebut mampu merangsang sistem saraf pusat, sehingga sentuhan fisik pada bayi akan mengirim sinyal ke otaknya untuk memproduksi lebih banyak endorfin dan serotonin. Alhasil, hal tersebut dapat membuat perasaan si kecil yakni menjadi lebih rileks dan nyaman. Bukan hanya itu, kedua hormon tersebut juga dapat membantu mengurangi nyeri yang dirasakan oleh bayi lho.

2. Mampu Melancarkan Pencernaan

Selain dapat membuat perasaannya menjadi tenang, pemijatan pada bayi juga dapat melancarkan pencernaannya lho. Pasalnya, gerakan pijatan ini dapat membuat sistem pencernaannya menjadi lebih nyaman dan bergerak lebih lancar. Ketika si kecil mulai rewel karena gangguan pencernaan, seperti sembelit, perut kembung, atau mengalami kolik, maka bunda bisa langsung memberi pijatan pada area perutnya, sehingga ia akan merasa lebih nyaman.

3. Membuat si Kecil Tidur Lebih Nyenyak

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa pijatan pada bayi juga bisa membuat siklus tidurnya lebih teratur lho. Dengan kata lain, si kecil bisa tidur lebih banyak di malam hari dan lebih aktif di siang hari. Ya, hal tersebut dikarenakan pada bayi yang rutin dipijat akan memiliki kadar melatonin yang lebih tinggi. Itu artinya, secara alami tubuh bayi bisa memproduksi hormon melatonin ketika malam hari. Soalnya, hormone melatonin tersebutlah yang dapat membuat tubuh mengantuk.

4. Mampu Mengurangi Kadar Bilirubin

Pada umumnya, beberapa hari setelah bayi lahir, maka warna kulitnya akan berubah menjadi kuning. Mengapa bisa begitu? Perubahan warna kulit bayi yang menjadi kuning, hal itu dikarenakan adanya peningkatan kadar bilirubin. Menurut para peneliti, yang menyebutkan bahwa kulit bayi yang berwarna kuning harus mendapatkan pijatan selama 15 – 20 menit dan fototerapi, agar menghasilkan perbaikan yang lebih cepat daripada bayi yang hanya mendapatkan fototerapi. Dengan kata lain, pijatan pada bayi ini efektif untuk mengurangi kadar bilirubin.

5. Mempererat Hubungan Antara Bunda dan Bayi

Manfaat pijat bayi berikutnya yang harus bunda ketahui, yakni adalah dapat mempererat hubungan antara ibu dan bayi. Ya, seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa memijat bayi merupakan cara sederhana yang sangat efektif untuk mempererat hubungan emosional antara orang tua dengan sang bayi. Tak hanya itu, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pijat bayi dapat mengurangi gejala depresi pasca melahirkan serta meningkatkan kepekaan ibu terhadap kebutuhan si kecil.

Seperti itulah beberapa manfaat dari pijatan bayi. Ketika memberikan pijatan pada si kecil, tentu saja bunda membutuhkan pelumas yang berupa minyak telon berkualitas seperti minyak telon kekinian Doodle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *